Penataan Cahaya Lampu Interior

Penataan Cahaya Lampu Interior
interiordesignsworld.com

Desain interior ruangan merupakan penataan semua obyek yang terdapat di sekeliling ruangan tersebut. Tak hanya penataan furniture, seperti meja kursi dan lemari serta aplikasi warna pada dinding. Penataan juga meliputi bagaimana menata cahaya lampu atau sumber pencahayaan. Penggunaan lampu tak hanya sebagai sumber penerangan tetapi juga menambah nilai keindahan dan kenyamanan dalam ruangan.


Menata lampu untuk desain interior rumah sangat tergantung pada selera penghuni. Penggunaanya dapat disesuaikan dengan fungsi ruang. Setiap ruang membutuhkan lampu dengan tingkat terang dan warna yang tertentu. Menata sumber cahaya bisa berpengaruh kepada suasana ruang dan keadaan psikologis penghuni. Untuk itu perlu ketelitian dalam menentukan titik lampu dan pemahaman terhadap obyek yang ada di dalam ruang. Obyek – obyek dalam desain interior ruang akan mempengaruhi jenis lampu dan arah pencahayaannya. Menentukan jenis cahaya yang diperlukan dan kekuatannya dapat disesuaikan dengan aktifitas yang dilakukan didalam ruang.

Bermain – main dengan cahaya lampu memang mengasyikan. Bidang pantul seperti dinding, plafon, lantai dan furniture atau perabotan juga harus diperhatikan. Arah pencahayaan dapat dibagi menjadi 5 macam. Arah lampu yang menyinari obyek  di bawahnya ( downlight ), pencahayaan yang datang dari bawah, dimana posisi lampu dihadapkan ke atas ( uplight ), pencahayaan dari belakang (backlight ), pencahayaan dari samping (sidelight), pencahayaan dari depan (frontlight).

Penataan Cahaya Lampu Interior
interiordesignsworld.com
Setiap lampu akan memberikan efek yang berbeda – beda terhadap desain interior ruang. Semua tergantung bentuk arah pencahayaan dan pemasangannya. Mengatur arah lampu secara benar sehingga dapat menghasilkan pencahayaan yang paling memuaskan. Pemakaian cat dinding warna putih akan menghasilkan cahaya yang lebih sempurna jika dibandingkan dengan dinding yang berwarna lebih gelap.

Mendesain interior ruang diperlukan kepekaan, kreativitas dan rasa seni yang tinggi. Temukan sudut – sudut menarik pada ruang untuk peletakan lampu dekoratif yang menambah nilai estetika dalam desain interior. Pencahayaan yang tepat dapat memperkuat warna dan tekstur dalam desain interior ruang.

Gunakan pencahayaan buatan secara kreatif dan hemat sesuai dengan kebutuhan, sebab sesungguhnya keindahan itu berasal dari sesuatu yang bermanfaat.

Sumber http://www.direktoriartikelmenarik.com/261-penataan-cahaya-lampu.html

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a reply